Mengenal Pengendalian Hama Gudang

Pengendalian Hama Gudang. Hama gudang secara tradisional mencakup hama hama, baik seragga atau binatang. Yang menyerang komoditi di tempat penyimpanan. Namun seiring berkembangnya zaman, hama gudang tidak hanya menyerang komoditi komoditi bahan baku di tempat penyimpanan melainkan juga komoditi yang sudah menjadi produk jadi, Berkembangnya hama gudang turut di pengaruhi oleh meningkatnya kebutuhan pangan baik produk mentah, setengah jadi maupun produk pangan olahan. Proses distiusi produk produk yang melibatkan berpindahnya lokasi dan tempat penyimpanan komoditi meningkatkan potensi serangan hama gudang.

Hama gudang pada umumnya dapat di golongkan dari golongan serangga maupun golongan binatang seperti tikus dan juga burung. Tapi secara umum yang menjadi focus utama dalam pengendalian hama gudang yaitu dari golongan serangga (stored-product pest insect/SPI). Ada dua jenis golongan serangga dalam hama gudang yaitu serangga jenis kupu-kupuan (lepidoptera) dan serangga jenis kumbang (coleoptera).

Pengendalian hama gudang

Hama gudang perlu di kendalikan karena menyebabkan kerusakan atau kerugian pada komoditi, baik kerugian secara langsung maupun kerugian secara tidak langsung. Kerugian secara langsung yang di sebabkan oleh  hama gudang yaitu penurunan bobot komoditi akibat di konsumsi langsung oleh hama gudang. Sedangkan kerugian tidak langsung yag disebabkan  oleh berbagai macam hama gudang dalam industry makanan menyangkut pada estetika dari produk makanannya tersebut.Kerugian berpotensi menjadi lebih besar dari estetika produk yaitu ketika suatu produk menjadi tidak berharga dan tidak layak di perjualbelikan meskipun dari segi bobot tidak berkurang.Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan transaksi perdagangan komoditi baik perdagangan dalam negeri maupun perdagangan luar negeri.

Mengenal Pengendalian Hama Gudang

Terdapat beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pengendalian hama gudang terpadu diantaranya terkait metode pengendalian yang dilakukan, jenis hama, tingkat kerugian yang disebabkan, juga tingkat berkembang biaknya populasi dalam habitatnya. Karenanya, meskipun terlihat sama, namun sejatinya aktivitas pengendalian hama gudang antar lokasi dapat berbeda, khususnya dalam seni meramu metode pengendalian yang efektif sesuai kondisi dan situasi yang di hadapi.

Selain metode pengendalian salah satu hal penting dalam pengendalian hama gudang adalah aktivitas monitoring. Aktivitas monitoring berguna untuk menilai status keparahan serangan hama dan dampaknya secara ekonomis. Hal tersebut menjadi dasar dari keputusan pengendalian yang akan dilakukan. Metode yang digunakan selama poses monitoring dapat di lakukan dengan berbasis pendekatan sampling dan inspeksi.

Satu hal yang juga yang juga jarang di pahami para pengelola gudang (manajemen) dan pengendali hama gudang ( fumigator) adalah bahwa pengendalian juga merupakan seuah rangkaian yang melibatkan aktivitas sanitasi lingkungan sebagai upaya preventif. Pemahaman umum bahwa pengendalian hanya mengutamakan pendekatan membasmi hama gudang (kuratif) perlu di perbaiki karena hanya akan fokus pada akibat serangan hama. Padahal dengan memahami apa yang menyebabkan serangan hama akan dapat memantu manajemen dalam mengelola hama gudang dengan jauh lebih efektif, hemat biaya (efisien) serta berkelanjutan

Berikut merupakan tahapan untuk melakukan pengendalian hama gudang

  1. Melakukan monitoring untuk menentukan struktur populasi dan melihat struktur bangunan tempat penyimpanan atau kendaraan pembawa komoditi
  2. Menentukan metode aplikasi yang tepat berdasarkan hasil monitoring di lapangan
  3. Mempersiapkan alat dan bahan pendukung lainnya
  4. Melakukan pengetasan kadar air pada komoditi
  5. Melakukan pengendalian hama gudang dengan baik dan benar sesuai metode yang di pilih

Seperti diatas proses pendendalian hama gudang yang mungkin baik untuk keselamatan gudang kamu dari hama gudang, Era-Pest akan selalu siap membantu dalam masalah hama yang kamu sedang alami. Dapatkan tips dan trik menarik hanya di sosial media kami instagram.com/erapestofficial

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat