Jenis Kayu Yang Tidak Disukai Rayap

Pembasmi Rayap adalah ERA_PEST

Jenis Kayu Yang Tidak Disukai Rayap beragam loh. Apa saja ya?

Fakta yang tak terbantahkan hingga saat ini ialah, bahwa rayap adalah hewan yang sangat gemar memakan kayu. Hama yang satu ini merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai pada rumah-rumah atau furnitur berbahan dasar kayu. Selain menjengkelkan, keberadaannya juga membuat material rumah dan perabot yang ada di rumah Anda menjadi tidak tahan lama. Kenapa Rayap suka memakan kayu? Rayap suka memakan kayu, karena, pada kayu terdapat Zat Lulosa yang menjadi sumber utama makanan mereka. Namun apakah ada beberapa jenis kayu yang tidak disukai rayap sehingga mereka enggan untuk memakannya.

Kali ini Era-Pest akan berbagi informasi tentang apa saja jenis kayu yang tidak disukai rayap. Dilansir dari berbagai sumber, mari kita simak informasinya dibawah ini;

  1. Kayu Jati

Jenis kayu yang tidak disukai rayap yang pertama ialah kayu jati. Jenis kayu yang satu ini memang sudah dikenal akan kekuatannya untuk dijadikan sebagai bahan membuat berbagai macam furnitur. Kayu jati merupakan kayu yang kuat serta sangat tidak disukai oleh rayap karena struktur kayu yang terbilang sangat keras. Dengan kelebihannya tersebut, banyak orang yang memprimadonakan furnitur berbahan kayu jati untuk dijadikan sebagai elemen rumah atau sekedar sebagai hiasan rumah. Dengan kualitas yang dimilikinya, menjadikan kayu jati sebagai komoditas panas dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Menjadikan kayu jati sebagai pilihan kayu untuk membangun rumah sangat menguras isi dompet. Namun, bila Anda yang memiliki dana lebih kami sarankan untuk mennggunakan jenis kayu ini, karena diyakini tahan akan serangan rayap.

2. Kayu sengon

Kayu sengon merupakan kayu yang bisa Anda andalkan untuk membangun rumah dengan harga yang cukup bersahabat. Walaupun harganya tak semahal kayu jati, namun kayu jenis ini memiliki karakteristik yang kokoh dan memiliki tingkat keawetan yang sama seperti kayu jati. Anda dapat menjadikan kayu sengon sebagai alternatif apabila tidak dapat membeli kayu jati dengan kualitas yang hampir sama. Rayap tidak suka menyerang kayu sengon karena didalamnya terdapat zat ekstraktif yang tidak disukai oleh rayap. Hal tersebut membuat kayu sengon sering digunakan sebagai bahan pembuat furnitur rumah.

Jenis Kayu Yang Tidak Disukai Rayap

  1. Kayu Ulin

Selain kayu jati dan kayu sengon, jenis kayu yang tidak disukai rayap selanjutnya adalah kayu ulin. Kayu ulin merupakan kayu yang sering ditemukan di daerah Kalimantan. Kayu jenis ini hampir sama seperti kayu jati yang memiliki tekstur keras. Sesuai dengan nmannya, kayu ini diambil dari pohon ulin yang sudah berusia tua, panjang pohon ini berkisar antara 40-60 meter dengan panjang batangnya antara 5-15 meter. Selain pohonnya yang tinggi, diameter batangnya berkisar antara 1-1,5 meter.

Kayu ini terkenal juga sangat tidak disukai oleh rayap karena memiliki tekstur yang kasar serta kontur kayunya yang keras. Dengan demikian kayu ini sering digunakan sebagai bahan bangunan dan dapat serta merta digunakan untuk lahan bangunan basah.

4. Kayu Merbabu

Kau jenis ini memiliki ciri khas dengan warna coklat kemerahan, serta tekstur dan seratnya memiliki garis putus-putus. Kayu merbabu sangat awet dan tahan dari hama rayap. Kayu ini memiliki tekstur dan permukaan yang sangat keras sehingga rayap enggan memakannya. Dengan kekuatannya, tak heran di beberapa daerah di Indonesia kayu ini dijuluki sebagai kayu besi.

Itulah sedikitnya beberapa jenis kayu yang dapat anda pilih sebagai material bangunan. Namun, apabila anda sudah terlanjur menggunakan jenis kayu yang mudah dimakan rayap, solusinya dengan membasmi hama tersebut hingga tuntas.

Bagi anda para penggemar furnitur kayu, tidak perlu khawatir lagi, sebab saat ini terdapat jasa pembasmi hama profesional Era-Pest yang siap membantu anda basmi hama seperti rayap dengan cepat dan mudah. Yuk mulai hidup nyaman tanpa hama dengan Era-Pest sekarang juga! Dapatkan TIps dan Trik Menarik Hanya di Sosial Media Kami instagram.com/erapestofficial/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat